FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Di Ciamis, Anak Motor Main Paciwit-ciwit Lutung

0 13

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Anggota dari lintas komunitas motor dan komunitas kepemudaan di Ciamis, duduk berbaur dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil. Mereka riang bersama menikmati kaulinan bareto (permainan zaman dulu). Mereka diingatkan begitulah orangtua mereka beramin dulu.

Kegiatan tersebut berlangsung pada acara Kopdar Gabungan (Kopgab) Lintas Komunitas, di halaman Tourism Islamic center, Senin (20/5/2019) kemarin.

Kaulinan Bareto dipandu oleh pengajar Sekolah Warga bernama Sekolah Motekar.

Kaulinan Bareto yang dimainkan diantaranya Paciwit Ciwit Lutung, Cingciripit, perepet jengkol, cing kurulung, oray – orayan, sur ser dan salam sabrang. Ada juga permainan yang pakai alat seperti, COngklak, Damdam, Bakiak dan Jujungkungan.

Salah seorang anggota perwakilan komunitas Giak Rabbani mengatakan komunitas motor, music, komunitas lainnya bergabung bergabung di kegiatan KopGab yang digelar secara gotong royong. Pada kegiatan di hari kedua, sengaja melibatkan Sekolah Motekar untuk memandu Kaulinan Bareto.

“Kaulinan bareto ini ternyata sangat menyenangkan, bahkan ada kawan kita yang sama sekali merasa asing dengan permainan yang diperkenalkan. Sungguh sore yang menggembirakan buat kami. Berbeda kelompok namun bisa baur dalam kebersamaan yang bersahabat, ulin bareng, teu ngulinkeun teu diulinkeun,” kata Giak.

Penggiat Sekolah Warga, Ilham Muttaqin mempersilahkan siapapun ulin di Sekolah Motekar di Dusun Cibunar Desa Sukajadi Kec. Sadananya. Di sana tersedia fasilitas ulin kaulinan bareto. “Setiap pagi kami ulin dengan anak-anak. Tempat kami sangat terbuka,” kata Ilham.

Ilham juga mengapresiasi kegiatan KopGab Lintas Komunitas, “Yang saya tau dulu, antar komunitas saling gesekan, sekarang terlihat akur dan damai di sini,” ujarnya.

(DH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.