FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Sinabung Erupsi, Empat Kecamatan di Karo Diselimuti Abu

0 0

SUMATERA UTARA, FOKUSJabar.co.id: Gunung Sinabung yang ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak, Selasa (7/5/2018) sekitar pukul 07.48 WIB.

Setidaknya ada empat kecamatan yang diselimuti abu vulkanik pasca erupsi ini.

Kabid Darurat Dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Nata Nail mengatakan empat kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Kabanjahe, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Dolat Rayat, dan Kecamatan Berastagi.

“Lahan pertanian terdampak, karena tertutupi abu vulkanik. Aktivitas warga terganggu abu vulkanik,” kata Nata, seperti dilansir CNN, Selasa (7/5/2018).

Sebelumnya, Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen mengatakan Sinabung erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak (± 4.460 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik. Hujan abu masih berlangsung. Arah abu ke arah tenggara-timur,” ujarnya.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status level IV (Awas).

“Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat,” tegasnya.

(Agung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.