FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

‎ KPU Jabar Bakal Gelar Rapat Pleno Penghitungan Suara Siang Hari?

0 0

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: KPU Provinsi Jawa Barat akan menggelar rapat pleno penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Jabar, Rabu (8/5/2019).

Proses rekapitulasi penghitungan suara pada rapat pleno yang akan digelar di Aula KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, rencananya dilaksanakan pada siang hari.

” Karena dilakukan saat bulan suci Ramdhan 1440 Hijriyah, kita rencanakan penghitungan suara hanya pada siang hari. Yakni mulai pukul 08.00-17.30 WIB. Dengan demikian, waktu malam hari bisa digunakan untuk beribadah solat taraweh,” ujar Komisioner Divisi Teknik KPU Jabar, Endun Abdul Haq saat ditemui dfi kantor KPU Jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Senin (6/5/2019).

Endun menuturkan, rencana penghitungan suara siang hari akan diujicoba pada saat simulasi rekapitulasi yang dilaksanakan Selasa (7/5/2019) besok. Selain itu, pihaknya pun sudah melakukan rapat koordinasi dengan peserta Pemilu 2019, mulai dari tim sukses capres-cawapres, caleg hingga partai politik.

” Untuk simulasi besok, kita akan coba mekanisme pembacaan hasil rekapitulasi oleh KPU Kota dan Kabupaten bersangkutan. Termasuk menghitung waktunya,” terangnya.

Jika pada saat simulasi tersebut, proses rekapitulasi membutuhkan waktu yang cukup lama, pihaknya akan kembali menyerahkan kepada peserta Pemilu 2019. Apakah akan tetap menggunakan rencana semula yakni penghitungan suara hanya di siang hari atau seperti apa.

” Kalau dirasa (penghitungan suara) memang memakan waktu cukup lama, kita tawarkan ulang ke peserta. Apakah perhitungan akan dilanjutkan sampai malam atau hanya sampai menjelang buka puasa. Intinya, sesuai aturan dalam PKPU Nomor 3 tahun 2019, proses perhitungan di tingkat Jabar harus selesai pada 11 Mei 2019,” pungkasnya.

(ageng/bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.