FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Rektor Dua Periode Ini Bertekad Jadikan Umtas Universitas Unggulan

0 6

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.co.id: Ahmad Qonit usai dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya (Umtas) periode 2019-2023, Sabtu (4/5/2019) kemarin.

Pelantikan itu sendiri dilakukan di Graha Umtas Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya oleh Ketua Majelis Diktilitbang Muhammadiyah, Prof. Lincolin Arsyad.

Ahmad Qonit mengatakan, dia akan melanjutkan seluruh program yang telah disusun di periode pertama.

” Saya ingin Umtas menjadi Universitas yang unggul dan berakreditasi A. Terlebih, saat ini, universitas negeri dan swasta tidak ada bedanya. Artinya, dari segi akreditasi yang membedakannya,” ungkap dia.

Selain itu, ke depannya ada beberapa Program Studi (Prodi) yang akan diperjuangkan untuk memperoleh akreditasi sehingga lulusannya semakin kompeten.

” Tahun ini ada lima Prodi yang diusahakan untuk mendapatkan akreditasi. Setelah itu, baru akreditasi institusi,” sambungnya.

Terkait semakin pesatnya perkembangan IT, tentunya hal ini menjadi tantangan bagi Umtas guna mengikuti kemajuan teknologi tersebut.

” Saat ini, wajib bagi Perguruan Tinggi untuk membuka program IT. Tentunya Umtas akan investasi ke hal tersebut,” ujarnya.

Sementara Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengatakan, untuk menjadi Universitas unggul tentunya banyak hal yang harus dibenahi. Diantaranya, pengembangan SDM, tata kelola akademik, keuangan, penelitian serta publikasi.

” Banyaknya universitas di Tasikmalaya bukan menjadi saingan, tapi bagian mitra untuk maju dan berkembang. Salah satu kunci utama untuk bersaing yakni peningkatan SDM tenaga dosen,” paparnya.

Dia pun meminta, Rektor harus benar-benar fokus dalam meningkatkan kualitas dan mutu lulusannya sehingga mampu bersaing di era global.

” Di era apa pun. Mau 4.0, 5.0 atau 7.0, kuncinya peningkatan SDM dosennya. Karenanya Umtas harus memiliki dosen yang berkualitas tinggi,” pungkasnya.

(Seda/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.