FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Bawaslu Kabupaten Bandung: Kesalahan Input Suara 2 TPS di Situs KPU Sudah Diperbaiki

0 1

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bandung menyatakan, kesalahan input data suara pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di dua TPS di Kelurahan Malakasari, Kecamatan Baleendah, pada situs Sistem Perhitungan (Situng) KPU, pemilu2019.kpu.go.id murni karena human error.

Kesalahan input di TPS 06 dan 18, Kelurahan Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung sudah dikoreksi.

Berdasarkan data suara yang ditampilkan di Situng KPU, pasangan nomor urut 1, Jokowi-Maruf Amin mendapatkan 76 suara dan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 18 suara di TPS 06. Sedangkan di TPS 18, Jokowi-Maruf Amin mendapatkan 553 suara dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan 30 suara.

Namun berdasarkan hasil scan C1 yang ditampilkan, pasangan nomor urut 1 mendapatkan 76 suara dan pasangan nomor urut 2 mendapatkan 118 suara di TPS 06. Sedangkan di TPS 18, pasangan Jokowi-Maruf Amin memperoleh 53 suara dan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 130 suara.

Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardhia menuturkan, pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait kesalahan tersebut dari masyarakat. Hasil scan C1 dengan input data suara di situs KPU diakuinya tidak berkorelarasi.

” Kesalahan input suara Pilpres 2019 di dua TPS tersebut murni human error. Kita sudah sampaikan ke pihak KPU dan sudah diperbaiki serta dikoreksi,” ujar Hedi saat dihubungi FOKUSJabar.co.id melalui sambungan telpon, Senin (22/4/2019).

Hedi menambahkan, human error yang terjadi sangat wajar karena faktor kelelahan petugas operator KPU. Pasalnya, jumlah petugas yang melakukan input data ke situng KPU sangat terbatas.

” Mereka itu sudah bertugas sejak pendirian TPS, pencoblosan suara, hingga perhitungan suara. Dan petugasnya itu-itu saja. Jadi sangat wajar kalau mereka kelelahan sehingga salah input data suara,” tegasnya.

Berdasarkan situng di situs resmi KPU hingga pukul 13.00 WIB, pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno meraih suara terbanyak di 21 TPS dari total 41 TPS (51,2 persen) di Kelurahan Malakasari, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan suara 2.953 atau 72,47 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin memperoleh 1.122 suara atau 27,53 persen.

(ageng/bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.