FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

LKS Tripartit Jabar Gelar Rakor ” Ciaturm Harum “

0 1

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: LKS Tripartit Jabar gelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Citarum Harum. Tema yang diangkat ” Kesiapan Dunia Usaha Guna Keberhasilan Program Citarum Harum.”

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Mochamad Ade Afriandi menjelaskan, program Citarum Harum apabila ditinjau dari bidang ketenagakerjaan perlu ada peran teknologi informasi dan komunikasi. Terlebih, sksistensi LKS Tripartit dalam menghadapi revolusi industri 4.0 perlu dikembangkan agar bentuk pelayanan pada dunia usaha maupun pekerja mampu mengikuti tuntutan perubahan global.

” Berkenaan dengan Citarum Harum, jika ditinjau dari bidang ketenagakerjaan menjadi sangat penting menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk eksistensi LKS Tripartit,” kata Ade.

Sebagai gambaran, berdasarkan data sementara Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan secara online per tanggal 24 Maret 2019, jumlah perusahaan di sembilan Kabupaten/Kota yang termasuk DAS Citarum sebanyak 11.608 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 969.762 orang.

Yakni, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Sumedang, Kota Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Cimahi.

Untuk menyiapkan hal tersebut, pihaknya bersama Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) dan LKS Tripartit tengah merumuskan konsep pelayanan ketenagakerjaan di Jawa Barat yang mendekatkan layanan kepada dunia usaha dan pekerja.

Konsep tersebut menjadi bagian dari program 100 hari kinerja Disnakertrans Jabar untuk mewujudkan Buruh Juara, Migran Juara dan Milenial Juara. Yaitu, percepatan pelayanan penetapan pengupahan, penguatan komunikasi dan koordinasi dalam mediasi hubungan industrial dan pengawasan ketenagakerjaan.

Meningkatkan peran balai pelatihan kerja dalam menciptakan pelatihan vokasi, pengembangan Mobile Training Unit atau MTI untuk mendukung penciptaan lapangan kerja dan berusaha di desa sesuai dengan potensi desa dan jenis usaha BUMDes.

Pengembangan model layanan IT Nakertrans untuk integrasi fungsi pelatihan dan produktifitas penempatan tenaga kerja, pengawasan ketenagakerjaan, serta hubungan industrial dan jaminal sosial, pengembangan model Democration of Labour atau DCL dengan mensinergikan dan mengkolaborasikan peran stakeholder ketenagakerjaan yang diekspos ke dalam empat kuadran agar image dan opini masyarakat berubah menjadi Mayday is Creative Day.

(Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.