FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Banyak Orang Asing, Pemkot Bandung dan Cimahi Bentuk Tim Pora

0 2

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Kehadiran warga asing tidak bisa dihindari di era globalisasi seperti saat ini. Terlebih dalam konteks pembangunan yang membutuhkan investasi maupun tenaga kerja ahli.

Demikian disampaikan Wali Kota Bandung Oded M Danial di sela pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat kecamatan Kota Bandung dan Cimahi di Garden Permata, Jalan Lemahneundeut, Kota Bandung, Kamis (21/3/2019).

“Bahkan ada juga program strategis nasional yang berpengaruh ke daerah. Misalnya Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang bukan hanya investasi masuk ke Indonesia melainkan juga tenaga kerja asing,” kata dia.

Tim Pora Kota Bandung dan Cimahi berjumlah 124 orang dari unsur pemerintah tingkat kecamatan, komando rayon militer (Koramil) dan kepolisian sektor (Polsek).

Oded mengatakan bahwa banyaknya tenaga kerja asing bukan tidak berisiko, di beberapa tempat, muncul masalah dan perlu mendapatkan perhatian.

“Lihat di media sosial, di beberapa tempat sering ‘diriweuhkeun’ oleh mereka. Namun begitu, masuknya tenaga kerja asing tidak terhindarkan. Apalagi kalau bicara peningkatan pariwisata ataupun bidang lainnya,” kata Oded.

Dia pun sangat mengapresiasi pembentukan Tim Pora tingkat kecamatan. Apalagi di wilayah Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung tercatat ada sebanyak 6.246 warga asing.

” Kalau dibagi 33 kecamatan yang ada di Kota Bandung dan Cimahi, maka rata-rata hampir 200 orang asing per kecamatan,” kata dia.

Keberadaan mereka bisa saja berdampak negatif, artinya, pemerintah di tingkat kewilayahan, TNI dan Polri wajib mewaspadainya.

(Yusuf Mugni/LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.