FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Sebanyak 25 Nama Calon Direksi bjb Masih Bisa Berubah

0 8

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) sudah mengantongi 25 nama calon direksi bank bjb. Puluhan nama itu hasil dari seleksi yang dilakukan Komite Remunerasi dan Nominasi (KRN) bank bjb.

Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jabar Eddy Nasution mengatakan, Gubernur Jabar akan kembali menyeleksi 25 nama itu sebelum diserahkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 25 Maret 2019 untuk uji kelayakan dan kepatutan.

“Kalau sudah dapat nama itu, nanti akan dikirim ke KRN untuk selanjutnya diserahkan ke OJK dan menjalani fit and proper,” kata Eddy di Bandung, Rabu (20/3/2019).

Kandidat yang lolos tes di OJK akan ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) 30 April 2019.

Siapa saja 25 nama yang ada di Gubernur Jabar, Eddy enggan membocorkannya. Terlebih, kata dia, nama itu masih bisa berubah sebelum dikirim ke OJK. Termasuk calon dari luar yang saat ini sudah dikantongi Emil.

Kendati begitu, kata Eddy, Gubernur Jabar akan mengerucutkan 25 calon direksi tersebut menjadi sekitar delapan nama.

“Kemungkinan delapan atau tergantung nanti Pak Gub mau ganti nggak. Kan nggak tahu,” kata dia.

“Pada prosesnya nanti, OJK akan menguji dua kandidat untuk masing-masing direksi bank bjb. Tetapi kata OJK, satu kandidat pun cukup, ada aturan baru,” ungkap Eddy.

Untuk diketahui, saat ini ada beberapa posisi direksi yang kosong di bank bjb. Salah satunya direktur komersial dan UMKM yang terakhir diisi Agus Gunawan (Almarhum).

Tidak hanya itu, menurut dia, Gubernur Jabar pun mewacanakan penambahan posisi direksi baru yang khusus menangani sistem informasi dan teknologi (SIT) perbankan.

“Pak Gubernur mewacanakan menambah satu direktur IT, sebab tanpa IT bank ini ketinggalan,” jelas dia.

Kaitannya dengan kualitas SIT bank bjb yang belum maksimal sehingga diwacanakan akan menambah direktur IT?.

“Saya tidak mengatakan itu, tapi real-nya sebagian begitu,” kata dia.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.