FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Edubox Terbukti Menghemat Anggaran Pendidikan Hingga Rp11 M

0 3

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Sebanyak 120 sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kota Bandung telah menggunakan sistem smart city di ranah pendidikan bernama Edubox.

Sejumlah siswa SD di Kota Bandung tengah mengerjakan latihan soal dengan aplikasi Edubox melakui gadget (foto ist)
Sejumlah siswa SD di Kota Bandung tengah mengerjakan latihan soal dengan aplikasi Edubox melakui gadget (foto ist)

Edubox adalah aplikasi berbasis web yang terdiri dari aplikasi ujian, tugas, dan materi dalam jaringan lokal (intranet). Produk PT Pinisi Teknologi Edukasi (Pinisi Edubox) ini tidak tergantung kepada internet.”Alhamdulillah, sejak kami mulai beroperasi tahun 2015, hingga saat ini sudah ada 129 sekolah tingkat dasar hingga menengah telah menggunakan Edubox,” kata Chief Operations Officer PT Pinisi Teknologi Edukasi Fathi Nashrullah, di Kota Bandung, Jumat (15/3/2019).

Penggunaan Edubox oleh sekolah yang ada di Kota Bandung, dimulai pada tahun 2016.

Wali Kota Bandung saat itu, yakni M Ridwan Kamil (Emil) secara resmi meluncurkan sistem smart city di ranah pendidikan yang diberi nama Edubox.

Sistem tersebut mulai diterapkan kepada 25 sekolah percontohan yang ada di Kota Bandung.

“Jadi waktu itu kita ada program dengan CSR bank bjb untuk pilot project penggunaan Edubox di 25 sekolah yang terdiri dari 17 SMP, empat SD dan empat SMA,” kata dia.

Tahun 2017, pihaknya kembali diberikan kepercayaan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung untuk menerapkan sistem Edubox kepada seluruh SMP Negeri di Kota Bandung.

Sejumlah siswa SMP di Kota Bandung tengah mengerjakan soal melalui sistem Edubox tanpa internet (foto ist)
Sejumlah siswa SMP di Kota Bandung tengah mengerjakan soal melalui sistem Edubox tanpa internet (foto ist)

” Itu ada pengadaan langsung dari Disdik Kota Bandung untuk 57 SMPN, ” kata dia.

Lebih lanjut Fathi menjelaskan bahwa ada sejumlah kelebihan yang bisa didapatkan sekolah saat menggunakan Edubox, salah satunya adalah efisiensi anggaran.

“Ini data dari Diadik bahwa ada efisiensi anggaran pendidikan hingga belasan milyar saat menggunakan Edubox. Kalau tidak salah sekitar Rp11 milyar,” ungkap Fathi.

Selain menghemat anggaran, Edubox yang memiliki tagline ‘ujian online tanpa internet’ itu pun memiliki manfaat dalam proses dan penilaian pembelajaraan di sekolah, seperti guru mendapatkan kemudahan dalam menyampaikan materi ajar dan ulangan di kelas.

“Selain efisien dari aspek pengadaan kertas untuk penggandaan soal ujian, kelebihan lain dari Edubox adalah efisiensi waktu,” jelas dia.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.