FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Di Keraton Kanoman Cirebon ada Piring Pemberian Kerajaan Cina

0 4
CIREBON, FOKUSJabar.co.id : Banyak barang peninggalan seperti piring-piring (porselen) yang berbahan keramik pada bangunan Keraton Kanoman yang merupakan hadiah dari Kerajaan Cina dan beberapa dari Eropa.

Keluarga Keraton Kanoman, Ratu Siti Robiah menuturkan, tidak ada makna khusus yang terdapat pada setiap motif porselen tersebut.

” Kecuali porselen dari Eropa ada yang menceritakan tentang perjalanan kehidupan Jesus atau Nabi Isa AS,” tuturnya di Keraton Kanoman.

Memang porselen yang berasal dari Kerajaan Cina tidak memiliki makna khusus dari setiap motifnya. Namun demikian,  memilik cerita dibalik pemberiannya kepada Sunan Gunung Jati, yang mana kini berada pada bangunan keraton kanoman. Hal itu dilakukan oleh Sultan Ageng Tirtayasa yang merupakan masih keturunan dari Sunan Gunung Jati.

” Memang motif di piring pemberian dari Kerajaan Cina tidak ada makna, tapi ada cerita di balik pemberiannya,” ucapnya.

Adapun cerita dibalik porselen hasil pemberian kerajaan Cina yakni, sebagai hadiah dari beberapa keluarga kerajaan cina atas pernikahan sunan gunung jati bersama putri kerjaan yang bernama Ong Tin.

Namun sekarang, beberapa porselen yang berasal dari cina ada yang hilang, khususnya yang berada di bagian gerbang depan keraton kanoman.

Hal itu terjadi, karena kurangnya penjagaan di tempat tersebut, sehingga saat pencurian yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab dan tidak mengerti cerita di balik porselen kurang terpantau.

(Achmad Nugraha/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.