FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Anjar Asmara: Pengusaha Batik Ciamisan Harus Bangkit Lagi

0 0
CIAMIS, Fokusjabar.co.id : Bakal Calon Bupati (Balonbup) Ciamis, Anjar Asmara berkunjung ke pengusaha batik yang pernah berjaya di tahun 1980-an, Bintang Pusaka, Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Sabtu (7/10/2017). Dia mengaku prihatin dengan kondisi keberadaan batik Ciamisan yang hampir punah.
“Prihatin, di Bulan Oktober (2 Oktober) yang juga merupakan momen hari batik nasional ini, dimana setiap daerah memiliki kebanggaan dengan batik khasnya, sementara di Ciamis ini keberadaannya sudah sangat sulit ditemukan,” kata Anjar saat berkunjung ke pabrik Bintang Pusaka di Desa Imbanagara, Kabupaten Ciamis.
Tanggal 2 Oktober kemarin merupakan Hari Batik Nasional. Anjar mengungkapkan, Kabupaten Ciamis pada tahun 80-an memiliki sekitar 730 pengusaha batik yang tergabung di dalam Koperasi Rukun Batik. Namun sekarang tidak banyak lagi warga Ciamis yang terjun di dunia usaha batik.
Menurut Anjar, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis harus berfikir bagaimana mengembangkan potensi daerah terutama batik.
“Pemerintah harus merangkul pengusaha batik di Ciamis agar bisa kembali berproduksi. Dimana Pemerintah harus mengeluarkan kebijakan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di Ciamis diwajibkan memakai batik Ciamisan minimal satu minggu sekali. Sehingga para pengusaha batik memiliki peluang untuk bangkit kembali,” tuturnya.
Dia berharap, kedepan Batik Ciamis ini bisa bangkit dan jaya kembali.
(Ibenk/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.