FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
Banner BJB Mobile

BPDB Provinsi dan Kabupaten/Kota Diminta Selalu Waspada

0 0

BANDUNG, Fokusjabar.co.id: DPRD Provinsi Jawa Barat meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota meningkatkan kesiagaan mengingat sudah memasuki musim hujan. Banjir dan tanah longsor pun sudah mulai melanda sejumlah wilayah, karena diguyur hujan.

Wakil Ketua DPRD Jabar Haris Yuliana meminta BPBD Provinsi dan kabupaten/kota agar lebih meningkatkan sosialisasi waspada bencana kepada masyarakat di wilayah rawan bencana.

“Saya pikir BPBD ini sudah memiliki peta bencana, sehingga mereka bisa memberikan warning bencana kepada masyarakat di kawasan rawan bencana. Caranya bisa saja dengan pemasangan spanduk hingga datang langsung ke lokasi,” jelas Haris di Bandung, Rabu (4/10/2017).

Hujan dengan intensitas tinggi dan terus menerus, kata Haris, memungkinkan memicu bencana alam, seperti banjir, abrasi pantai hingga longsor. Kini sudah terbukti, baru memasuki awal musim penghujan, sejumlah wilayah, seperti Sukabumi, Garut, Tasikmalaya dan Cianjur sudah terjadi bencana banjir dan longsor.

Dia pun mengimbau agar masyarakat tetap berhati-hati dan selalu waspada. Baik secara individu maupun pemerintah daerah harus saling bersamaan, terlebih yang berada di wilayah rawan bencana. Hal itu penting agar tidak menimbulkan korban.

“Dari sisi anggara, Pemda telah siap mengalokasikan untuk tanggap darurat selama musim penghujan berlangsung. Pemda pun selama ini sudah bekerja mengantisipasi bencana alam dengan melakukan reboisasi, pemeliharaan sungai dan lainnya,” pungkasnya.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.