FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Jabar Harus Siap Hadapi Bonus Demografi

0 0
BANDUNG, Fokusjabar.co.id : Organisasi sayap Partai Gerindra Tunas Indonesia Raya (Tidar) Jabar meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat fokus memanfaatkan bonus demografi yang akan terjadi pada 2030 mendatang.
Bonus era Demografi tersebut adalah jumlah usia angkatan kerja dengan usia 15-64 tahun mencapai 70 persen. Kemudian sisanya (30 persen) berusia tidak produktif, 14 tahun ke bawah dan di atas 65 tahun.
Sekretaris Tidar Jabar, Indra Sakti Akbar mengatakan, bonus era demografi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Artinya, bonus yang sangat menguntungkan bagi perkembangan Jawa Barat tidak dilewatkan.
“Menghadapi Bonus Demografi, Pemprov harus segera mengambil langkah agar bisa memanfaatkannya dengan baik,” kata Indra, Selasa (29/8/2017).
Indra mempertanyakan, langkah kongkrit apa saja yang dilakukan Pemprov Jabar.  Terutama dalam program yang saat ini harus mulai dicanangkan.
“Kami khawatir malah Bonus Demografi ini terlewatkan. Artinya disini harus ada pembentukan pemuda yang memang produktif,” ucap dia.
Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar &Demiz) mengatakan, Jawa Barat memiliki modal besar untuk menjawab tantangan tersebut. Yakni, mendorong perkembangan sektor pariwisata dan industri kreatif.
” Jabar punya modal di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Demiz.
Pemerintah Jawa Barat mendorong masyarakat untuk mampu terus beradaptasi dengan perkembangan perekonomian yang terjadi dipasaran serta mampu menjadi pelaku-pelaku ekonomi aktif guna terus menciptakan masyarakat produktif.
Lebih lanjut, pihaknya pun akan terus mendorong pemberdayaan masyarakat usia produktif di Jabar agar mampu tumbuh berkembang pada lingkungan kompetitif ekonomi nasional.
” Mulai dari yang terpenting adalah sarana pendidikan dan kesehatan yang kita berikan, kemudian penidikan karakter seperti pesantren juga menjadi bagian dari persiapan untuk menghadapi bonus Demografi. Dan saat ini sedang dilakukan oleh Pemprov Jabar,” tutur Demiz.
(AS/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.