FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Indonesia Masih Kalah dari Malaysia Soal Kemudahan Usaha

0 2

BEKASI, Fokusjabar.co.id: Menteri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) A.A Puspa Yoga menegaskan bahwa koperasi di Indonesia harus direformasi total.

Dengan begitu, keberadaan koperasi bisa dirasakan oleh masyarakat.

Sesuai harapan Presiden Joko Widodo bahwa dengan semangat bersama, pertumbuhan dan kesejahteraan meningkat.

“Reformasi koperasi harus dilakukan. Kalau tidak berani, pemerataan akan sulit terjadi,” tegas Puspa di acara peringatan Hari Kopeasi ke 69 tingkat Jabar, di Kota Bekasi, Selasa (2/8/2016).

Menurut dia, meningkatnya pertumbuhan harus berhubungan dengan tingkat kemiskinan. Namun di Indonesia ini, kebebasan kemudahan berusaha masih rendah (masyarakat Indonesia tercatat tidak mudah dalam melakukan usaha).

“Indonesia menempati rangking 109 dari sisi kemudahan berusaha atau lebih tinggi dari Malaysia. Malaysia lebih bagus,” jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut Puspa, presiden Jokwo Widodo menyampaikan program Utama D Regulasi.  Pada prosesnya itu perlu melibatkan gubernur hingga bupati/wali kota. Program tersebut menitikberatkan empat sistem yakni infrastruktur, relation, energi dan kemaritiman.

“Kalau ranking kita di atas 100 itu terlalu rumit. Diharapkan dengan D Regulasi bisa turun,” jelas dia.

Dia berharap, jika sistem D Regulasi tersebut terpenuhi, dia yakin koperasi di Indonesia akan hidip. Puspa mencontohkan, jika infrastruktur jalan baik, maka pusat-pusat  perdagangan akan tumbuh. Begitupun relation berjalan dengan baik, banyak turist yang datang ke Indonesia.

“Kalau turis berjalan dengan baik koperasi akan berkembang karena banyak UKM di tempat pariwisata,” ungkapnya.

Selama ini, masih banyak koperasi yang tidak jalan. Oleh sebab itu, pemerintah pusat mengarahkan koperasi yang berkualitas.

‎”Sedikit koperasi tidak apa-apa. Asalkan anggota koperasinya banyak. ‎Kalau koperasi berkualitas, itu bisa mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.