FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Sebanyak 13.294 Siswa Gagal Masuk ke Sekolah Negeri

0 1

BANDUNG, Fokusjabar.co.id : Sebanyak 13.294 siswa gagal diterima di sekolah negeri pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bandung.

PPDB Kota Bandung resmi ditutup pada Senin (4/7) kemarin sekitar pukul 13.00 WIB. Hasil penerimaan siswa bisa dilihat di website resmi PPDB Kota Bandung di laman ppdb.bandung.go.id.

Berdasarkan data dari sistem PPDB, sebanyak 55.595 siswa telah diterima di sekolah negeri Kota Bandung yang tersebar di setiap tingkatan pendidikan.

Adapun tingkatan pendidikan tersebut, yakni 28.254 siswa SD, 14.146 siswa SMP, 6.869 siswa SMA, dan 6.326 siswa SMK.

Total pendaftar pada PPDB Kota Bandung tahun 2016 mencapai 68.889 siswa. Dengan demikian, ada sekitar 13.294 siswa yang gagal bersekolah di sekolah negeri dan harus bersekolah di sekolah swasta.

Penetapan calon siswa yang diterima seperti yang tertera pada data online sistem PPDB mengacu pada peraturan Walikota Bandung No. 610 tahun 2016. Selanjutnya, peserta didik baru tahun itu akan mendaftar ulang di sekolah masing-masing sesuai pasal 50 PP No 17 tahun 2010.

“Untuk daftar ulang dilaksanakan di sekolah masing-masing tanpa dikaitkan dengan biaya pendidikan apapun,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Elih Sudiapermana, Selasa (5/7/2016).

Pada pendaftaran melalui jalur akademik, Elih mengaku jika semua kursi yang tersedia sudah terisi dengan baik. Termasuk sisi kuota dari jalur non akademik yang menjadi tambahan kursi bagi jalur akademik.

“Pada PPDB kali ini, kita menggunakan aplikasi sehingga tidak bisa direkayasa karena sistem yang bekerja. Proses ini agak lama karena sistemnya harus membagi dua antara siswa pendaftar dalam wilayah dengan luar wilayah. Sekarang semua sudah selesai, orangtua siswa bisa melihatnya di laman ppdb.bandung.go.id,” tegasnya.

(Ageng/LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.