FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Duh! Sampah di Cigondewah Kaler Menggunung

0 1

BANDUNG, Fokusjabar.co.id : Tumpukan sampah setinggi satu meter di kawasan RT01/01, Jalan Baturengat, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung dikeluhkan warga sekitar.

Sampah yang berasal dari limbah industri rumah tangga itu menimbulkan bau tidak sedap dan hampir menutup jalan yang menghubungkan Kecamatan Bandung Kulon dengan Desa Cigondewah Hilir, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

“Awalnya, sampah-sampah tersebut tak sebanyak ini, tapi lantaran semakin banyak warga yang membuang sampah dengan sendirinya semakin menumpuk,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cigondewah Kaler, Usep Yudha Prawira, Rabu (6/4/2016).

Usep menjelaskan, lokasi tersebut juga difungsikan menjadi pembuangan sampah dadakan bagi warga yang melintas dipinggir ruas Jalan Tol Purbaleunyi sehingga volumenya terus bertambah setiap harinya.

Menurut dia, sedikitnya 10 petugas kebersihan dari Kelurahan Cigondewah rutin membersihkan sampah yang meluber ke bahu badan jalan.

“Awalnya sampah cuma datar, tapi lama kelamaan jadi menggunung. Saban hari sedikitnya 10 orang petugas membersihkan tumpukan sampah tersebut,” pungkasnya.

(Adi/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.