FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Pensiun Hakim Agung Menjadi 70 Tahun

0 1

JAKARTA, Fokusjabar.co.id: Sistem pensium hakim saat ini dibatasi hingga 70 tahun, namun usia 70 tersebut dinilai terlalu tua dan produktivitasnya menurun.

Mantan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY) Imam Anshori Saleh menilai idealnya seorang hakim mengakhiri jabatan di usia 67 tahun.

“Saya setuju 67 tahun, mengingat kalau di atas 67 sudah banyak yang sakit-sakitan dan kurang produktif,” ujar Imam, Senin (22/2/2016), seperti dilansir dari Detik.

Imam juga menambahkan bahwa jika batasan usia terlalu tinggi akan membuat kesempatan para hakim muda lainnya untuk bisa naik kelas. Oleh karena itu, Imam menyarankan agar batasan usia pensiun dalam RUU Jabatan Hakim yang saat ini diserahkan kepada Badan Legislasi (Baleg) DPR bisa ditinjau kembali.

“Hakim-hakim tinggi yang antre sangat banyak untuk jadi hakim agung. Sebagai pemutus terakhir perkara, kalau sudah terlalu tua bisa kurang cermat, daya ingat sudah berkurang dan sebagainya,” tambahnya.

Perubahan usia pensiun untuk hamik sudah beberapa kali mengalami perubahan, sebelumnya 65 tahun menjadi 67 tahun, kemudian pada 2009 dinaikkan menjadi 70 tahun.

(Vina)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.