FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Jadikan Kerajinan, Empat Tengkorak Kepala Manusia Gagal Diselundupkan

0 1

TANGERANG, Fokusjabar.co.id: Sebanyak empat tengkorak manusia yang dijadikan kerajinan tangan (handycraft) gagal diselundupkan ke dua negara yaitu Amerika Serikat dan Australia.

Para penyelundup ini menjual kerajinan tersebut ke luar negeri melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Namun berhasil digagalkan oleh petugas dari Ditjen Bea Cukai, Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kita penindakan dan penangkapan ekspor tengkorak untuk kesekian kali. Ekspor tengkorak akan dibawa ke luar negeri,” kata Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi saat gelar barang sitaan di area Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (16/2/2016), seperti dilansir dari Detik.

Heru menambahkan bahwa umur tengkorak manusia tersebut di atas 50 tahun dan dinilai sebagai peninggalan sejarah sehingga harus dilindungi dan tidak boleh diperjualbelikan.

“Sumbernya dari Bali, transit di Jakarta. Tapi tengkorak ini dari bentuknya, sebagian dari Papua dan umurnya di atas 50 tahun,” tambahnya.

Selain itu diperkirakan bahwa tengkorak kepala manusia tersebut diproyeksi akan dipakai sebagai bahan koleksi hingga bahan penelitian di luar negeri.

Akibat perbuatannya, dua pelaku berinisial S dan MI karena melanggar UU No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem. Dengan hukuman penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 10 tahun.

Selain itu, penyelundup terancam hukuman paling rendah Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1,5 miliar.

(Vina)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.