FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

124 Kasus Kejahatan Cyber Crime Merebak di Jawa Barat

0 1

BANDUNG, Fokusjabar.co.id : Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat Kombes Pol Wirdhan Deny mengungkapkan, 124 laporan kasus cyber crime ditangani pihaknya sepanjang periode 2015.

Menurutnya, operandi pada kasus terbut tergolong variatif, latar belakang aksi itu diantaranya asusila, konflik antar personal dan perampasan materi (pencurian secara online; carding dsb)

“Modus yang kita terima itu beragam, mulai dari yang berkaitan dengan pornografi/kesusilaan, pencemaran nama baik, pemerasan, penipuan, sebar rasa kebencian hingga pencurian identitas dalam sistem elektronik,” ujar Wirdhan, Jumat (1/1/2016).

Dia menuturkan, dari 124 kasus cyber crime yang ditangani, Direskrimsus Polda Jawa Barat baru bisa menyelesaikan penyidikan untuk 77 kasus.

“Artinya sudah ada 77 kasus yang kami selesaikan dan dilimpahkan ke pengadilan,” tambahnya.

Sedangkan sisanya, lanjut Wirdhan, penyidik mengalami kesulitan menyelesaikan karena kebanyakan kasus itu berkaitan dengan penipuan dalam dunia online.

“Ketika korban tertipu, dia terlambat laporan karena berusaha sendiri mencari (pelaku). Ketika tidak ketemu, baru lapor. Tapi sulitnya, identitas (pelaku) tidak diketahui,” terangnya.

(Adi/Glh)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.